Apa itu Soal HOTS?
HOTS merupakan singkatan dari High Order Thinking Skill, yang secara bebas dapat diartikan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan ini lebih membuat seseorang mampu menganalisis, memprediksi, atau mengolah informasi dengan baik. Sedangkan soal HOTS memiliki arti yaitu soal yang membuat anak untuk berpikir tingkat tinggi. Bukan lagi melulu tentang hafalan. Lebih-lebih, anak harus paham tentang konsepnya.Mengapa perlu soal HOTS?
Soal HOTS perlu sebagai sarana bagi anak untuk melatih daya pikirnya. Mengaitkan materi dengan informasi atau pengalamannya sehari-hari. Selain itu, juga sebagai sarana bagi guru untuk melihat sejauh mana kemampuan anak-anak dalam memproses sesuatu.Contoh Soal HOTS
Di postingan sebelumnya, saya telah menuliskan tentang tips menulis soal HOTS. Pada kesempatan kali ini, saya hendak membagikan contoh soal HOTS hak dan kewajiban beserta pembahasannya.Soal Nomor 1
Bacalah cerita berikut ini!
Suatu hari, Karel mendapat giliran piket kelas bersama Simon, Andreas, Chatarina, dan Agnes. Mereka datang lebih awal. Sebelum mulai membersihkan kelas, mereka membagi tugas dengan adil. Simon, Andreas, dan Chatarina menyapu lantai. Agnes membersihkan dan mengelap kaca. Karel membersihkan sampah yang ada di laci meja. Mereka melaksanakan tugas piket dengan baik sebelum pembelajaran di kelas dimulai.
Suatu hari, Karel mendapat giliran piket kelas bersama Simon, Andreas, Chatarina, dan Agnes. Mereka datang lebih awal. Sebelum mulai membersihkan kelas, mereka membagi tugas dengan adil. Simon, Andreas, dan Chatarina menyapu lantai. Agnes membersihkan dan mengelap kaca. Karel membersihkan sampah yang ada di laci meja. Mereka melaksanakan tugas piket dengan baik sebelum pembelajaran di kelas dimulai.
Tindakan Karel dan teman-temannya telah mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, yaitu sila …
a. Pertama, karena mereka dapat bekerja sama dengan baik dalam membagi tugas.
b. Kedua, karena mereka membagi tugas kerja mereka dengan adil.
c. Kedua, karena mereka melaksanakan piket bersama-sama.
d. Keempat, karena mereka membagi tugas dengan bermusyawarah.
Soal Nomor 2
Pada waktu mengerjakan tugas kelompok di sekolahan kamu ditunjuk sebagai ketua kelompok. Pada saat diskusi salah satu temanmu mempunyai pendapat yang berbeda dengan teman yang lainnya. Sikap yang harus kamu lakukan adalah ... .
a. Tetap menghargai pendapatnya dengan melakukan musyawarah bersama.
b. Menegur teman yang memiliki pendapat berbeda dengan yang lainnya.
c. Mengeluarkan teman yang memiliki pendapat berbeda dari kelompok.
d. Memaksanya untuk mengikuti pendapa teman yang lain.
a. Tetap menghargai pendapatnya dengan melakukan musyawarah bersama.
b. Menegur teman yang memiliki pendapat berbeda dengan yang lainnya.
c. Mengeluarkan teman yang memiliki pendapat berbeda dari kelompok.
d. Memaksanya untuk mengikuti pendapa teman yang lain.
Soal Nomor 3
Bacalah cerita berikut ini!
Ibu mempunyai kue. Dia memberikan kuenya tersebut kepada kedua anaknya sama rata. Tetapi salah satu anaknya tidak mau menerimanya. Ida ingin mendapatkan kue yang lebih banyak daripada saudaranya. Kemudian dia meminta kue lai kepada ayahnya. Tetapi ayahnya tidak memberikannya dengan alasan bahwa dia telah menerima kue yang sama rata dengan saudaranya.
Ibu mempunyai kue. Dia memberikan kuenya tersebut kepada kedua anaknya sama rata. Tetapi salah satu anaknya tidak mau menerimanya. Ida ingin mendapatkan kue yang lebih banyak daripada saudaranya. Kemudian dia meminta kue lai kepada ayahnya. Tetapi ayahnya tidak memberikannya dengan alasan bahwa dia telah menerima kue yang sama rata dengan saudaranya.
Berdasarkan cerita berikut ini, sikap yang sesuai dengan sila kelima Pancasila adalah ... .
a. Meminta kue lebih banyak dari saudaranya.
b. Meminta kue lagi kepada ayahnya.
c. Ibu memberikan kue secara adil kepada anaknya.
d. Ayah memberikan kue lagi kepada anaknya.
Soal Nomor 4
Bacalah cerita berikut ini!
Nyoman adalah temanku. Ia anak yang ramah. Meskipun tinggal lama di Jakarta, logat bahasa Nyoman masih sangat kental dengan logat Bali. Hal itu sering membuat Martin sering menertawakan Nyoman. Martin sering mengejek Nyoman. Hal itu membuat Nyoman sangat sedih. Ia menjadi tidak percaya diri untuk berbicara di depan kelas. Ia takut ditertawakan Martin. Hari ini Nyoman tidak masuk sekolah karena malu.
Nyoman adalah temanku. Ia anak yang ramah. Meskipun tinggal lama di Jakarta, logat bahasa Nyoman masih sangat kental dengan logat Bali. Hal itu sering membuat Martin sering menertawakan Nyoman. Martin sering mengejek Nyoman. Hal itu membuat Nyoman sangat sedih. Ia menjadi tidak percaya diri untuk berbicara di depan kelas. Ia takut ditertawakan Martin. Hari ini Nyoman tidak masuk sekolah karena malu.
Sikap Martin belum sesuai dengan sila Pancasila …
a. Pertama, karena Nyoman tidak mensyukuri anugerah yang diberikan oleh Tuhan.
b. Kedua, karena merendahkan Nyoman yang memiliki logat bahasa yang berbeda dengannya.
c. Kedua, karena Nyoman merendahkan Martin yang berasal dari daerah yang berbeda dengannya.
d. Ketiga, karena tidak dapat menjalin kerja sama yang baik dengan Nyoman.
Soal Nomor 5
Jenifer dan teman-temannya sedang berjalan sepulang sekolah. Namun, jalan yang biasa dilewati ditutup untuk acara keagamaan. Mereka memahami dan memilih jalur lain untuk pulang. Sila Pancasila yang tercermin dari tindakan Jenifer dan teman-temannya adalah … .
a. Sila pertama Pancasila karena mereka menghargai acara keagamaan masyarakat.
b. Sila kedua Pancasila karena Jenifer membantu acara keagamaan.
c. Sila ketiga Pancasila karena Jenifer dan teman-temannya pulang sekolah bersama-sama.
d. Sila kelima Pancasila karena mereka memilih jalur pulang dengan adil.
a. Sila pertama Pancasila karena mereka menghargai acara keagamaan masyarakat.
b. Sila kedua Pancasila karena Jenifer membantu acara keagamaan.
c. Sila ketiga Pancasila karena Jenifer dan teman-temannya pulang sekolah bersama-sama.
d. Sila kelima Pancasila karena mereka memilih jalur pulang dengan adil.
Soal Nomor 6
Warga di desa mengadakan musyawarah untuk kegiatan bersih desa. Tindakan yang harus mereka lakukan dalam musyawarah adalah … .
a. Berbicara dengan kelompok sendiri tanpa memedulikan warga lain.
b. Memaksa agar pendapat kelompoknya diterima.
c. Memotong pembicaraan warga yang sedang menyampaikan pendapat.
d. Mengikuti jalannya musyawarah dengan tertib.
a. Berbicara dengan kelompok sendiri tanpa memedulikan warga lain.
b. Memaksa agar pendapat kelompoknya diterima.
c. Memotong pembicaraan warga yang sedang menyampaikan pendapat.
d. Mengikuti jalannya musyawarah dengan tertib.
Soal Nomor 7
Kamu ingin bermain kelereng. Teman-temanmu ingin bermain layang-layang. Kamu dan teman-temanmu berdiskusi, lalu menyepakati untuk bermain layang-layang. Tindakan yang sesuai dengan sila keempat Pancasila yang sebaiknya kamu lakukan adalah … .
a. Menerima kesepakatan tetapi tidak mau bermain layang-layang.
b. Bermain kelereng sendirian karena tidak mau menerima kesepakatan.
c. Menerima kesepakatan bermain layang-layang dengan gembira.
d. Memaksa teman-teman untuk bermain kelereng.
a. Menerima kesepakatan tetapi tidak mau bermain layang-layang.
b. Bermain kelereng sendirian karena tidak mau menerima kesepakatan.
c. Menerima kesepakatan bermain layang-layang dengan gembira.
d. Memaksa teman-teman untuk bermain kelereng.
Soal Nomor 8
Keluargamu akan berkunjung ke rumah nenek di Garut. Contoh tindakan sesuai sila pertama Pancasila yang dapat kamu lakukan sebelum pergi ke rumah nenek adalah … .
a. Bekerja sama membantu nenek menyiapkan makanan.
b. Membantu ibu mempersiapkan barang untuk ke rumah nenek.
c. Bermusyawarah sebelum pergi ke rumah nenek agar semua senang.
d. Berdoa sebelum berangkat ke rumah nenek agar perjalanan aman dan lancar.
a. Bekerja sama membantu nenek menyiapkan makanan.
b. Membantu ibu mempersiapkan barang untuk ke rumah nenek.
c. Bermusyawarah sebelum pergi ke rumah nenek agar semua senang.
d. Berdoa sebelum berangkat ke rumah nenek agar perjalanan aman dan lancar.
Soal Nomor 9
Kamu dan ayah makan di warung makan. Saat sedang makan, ada pengamen menghampirimu. Kamu tidak dapat memberinya uang karena sedang makan tanpa sendok dan tanganmu kotor. Sikapmu sebaiknya … .
a. Ikut bernyanyi bersama pengamen agar rumah makan menjadi lebih ramai.
b. Meminta pengamen untuk pergi karena mengganggu.
c. Meminta petugas rumah makan untuk meminta pengamen pergi karena mengganggu.
d. Meminta maaf kepada pengamen karena tidak memberi uang akibat tangan yang kotor.
a. Ikut bernyanyi bersama pengamen agar rumah makan menjadi lebih ramai.
b. Meminta pengamen untuk pergi karena mengganggu.
c. Meminta petugas rumah makan untuk meminta pengamen pergi karena mengganggu.
d. Meminta maaf kepada pengamen karena tidak memberi uang akibat tangan yang kotor.
Soal Nomor 10
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1) Sinta berdoa ketika bangun tidur di pagi hari.
2) Simon membantu teman yang terjatuh dari sepeda.
3) Titus menghormati teman yang sedang menjalankan ibadah puasa.
4) Anak-anak SD St. Theresia bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekolah.
5) Paulus mempersilakan teman yang hendak menjalankan ibadah.
1) Sinta berdoa ketika bangun tidur di pagi hari.
2) Simon membantu teman yang terjatuh dari sepeda.
3) Titus menghormati teman yang sedang menjalankan ibadah puasa.
4) Anak-anak SD St. Theresia bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekolah.
5) Paulus mempersilakan teman yang hendak menjalankan ibadah.
Sikap yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila adalah nomor … .
a. 2, 3, dan 4
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 3, 4, dan 5
Kunci Jawaban
Berikut ini saya berikan kunci jawaban beserta penjelasannya untuk mempermudah pemahaman atas soal yang telah saya berikan. Silakan cek dengan menekan tombol di bawah ini.
No. 1
B. Kedua, karena mereka membagi tugas kerja mereka dengan adil.
Penjelasan:
Salah satu makna dari sila kedua adalah adil kepada sesama. Dengan membagi tugas bersama, berarti mereka telah bersikap adil. Sehingga tidak ada dari mereka yang mereka diberatkan atau dirugikan
No. 2
A. Tetap menghargai pendapatnya dengan melakukan musyawarah bersama.
Penjelasan:
Menghargai pendapat orang lain saat bermusyawarah adalah salah satu pengamalan sila Pancasila keempat.
No. 3
B. Ibu memberikan kue secara adil kepada anaknya.
Penjelasan:
Salah satu bentuk keadilan adalah mendapatkan sesuatu sama rata, dan ibu telah memberikannya kepada anak-anaknya sama banyak.
No. 4
B. Kedua, karena merendahkan Nyoman yang memiliki logat bahasa yang berbeda dengannya.
Penjelasan:
Merendahkan orang lain karena perbedaan bertentangan dengan sila Pancasila kedua, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.
No. 5
A. Sila pertama Pancasila karena mereka menghargai acara keagamaan masyarakat.
Penjelasan:
Pengalaman sila pertama Pancasila adalah menghargai agama dan kepercayaan orang lain.
No. 6
D. Mengikuti jalannya musyawarah dengan tertib.
Penjelasan:
Tertib dalam mengikuti jalannya musyawarah merupakan salah satu bentuk contoh penerapan sila Pancasila keempat.
No. 7
C. Menerima kesepakatan bermain layang-layang dengan gembira.
Penjelasan:
Menerima hasil musyawarah merupakan salah satu bentuk contoh penerapan sila Pancasila keempat.
No. 8
D. Berdoa sebelum berangkat ke rumah nenek agar perjalanan aman dan lancar.
Penjelasan:
Berdoa merupakan salah satu cara mendekatkan diri dengan Tuhan, sehingga hal itu sesuai dengan pengamalan sila Pancasila pertama.
No. 9
D. Meminta maaf kepada pengamen karena tidak memberi uang akibat tangan yang kotor.
Penjelasan:
Menghargai sesama manusia tanpa memandang fisik, pekerjaan, suku, dsb merupakan bentuk pengamalan sila kedua.
No. 10
C. 1, 3, dan 5
Penjelasan:
Sila Pancasila pertama diamalkan dengan bentuk menjalankan kegiatan keagamaan, menghargai agama dan kepercayaan orang lain.
B. Kedua, karena mereka membagi tugas kerja mereka dengan adil.
Penjelasan:
Salah satu makna dari sila kedua adalah adil kepada sesama. Dengan membagi tugas bersama, berarti mereka telah bersikap adil. Sehingga tidak ada dari mereka yang mereka diberatkan atau dirugikan
No. 2
A. Tetap menghargai pendapatnya dengan melakukan musyawarah bersama.
Penjelasan:
Menghargai pendapat orang lain saat bermusyawarah adalah salah satu pengamalan sila Pancasila keempat.
No. 3
B. Ibu memberikan kue secara adil kepada anaknya.
Penjelasan:
Salah satu bentuk keadilan adalah mendapatkan sesuatu sama rata, dan ibu telah memberikannya kepada anak-anaknya sama banyak.
No. 4
B. Kedua, karena merendahkan Nyoman yang memiliki logat bahasa yang berbeda dengannya.
Penjelasan:
Merendahkan orang lain karena perbedaan bertentangan dengan sila Pancasila kedua, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.
No. 5
A. Sila pertama Pancasila karena mereka menghargai acara keagamaan masyarakat.
Penjelasan:
Pengalaman sila pertama Pancasila adalah menghargai agama dan kepercayaan orang lain.
No. 6
D. Mengikuti jalannya musyawarah dengan tertib.
Penjelasan:
Tertib dalam mengikuti jalannya musyawarah merupakan salah satu bentuk contoh penerapan sila Pancasila keempat.
No. 7
C. Menerima kesepakatan bermain layang-layang dengan gembira.
Penjelasan:
Menerima hasil musyawarah merupakan salah satu bentuk contoh penerapan sila Pancasila keempat.
No. 8
D. Berdoa sebelum berangkat ke rumah nenek agar perjalanan aman dan lancar.
Penjelasan:
Berdoa merupakan salah satu cara mendekatkan diri dengan Tuhan, sehingga hal itu sesuai dengan pengamalan sila Pancasila pertama.
No. 9
D. Meminta maaf kepada pengamen karena tidak memberi uang akibat tangan yang kotor.
Penjelasan:
Menghargai sesama manusia tanpa memandang fisik, pekerjaan, suku, dsb merupakan bentuk pengamalan sila kedua.
No. 10
C. 1, 3, dan 5
Penjelasan:
Sila Pancasila pertama diamalkan dengan bentuk menjalankan kegiatan keagamaan, menghargai agama dan kepercayaan orang lain.
Kesimpulan
Bentuk soal untuk penilaian hendaklah bukan hanya untuk nilai, tapi benar-benar mengukur kompetensi, pemahaman, dan daya pikir dari anak-anak.
Maka, sudah selayaknya soal-soal yang berbentuk hafalan mulai semakin dikurangi, dan diperbanyak soal-soal yang memang mengasah daya analisa. Semoga Anda terbantu. Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.