√ TERBARU - Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Kelas IV SD Kurikulum 2013 - Anton DKei
Switch Mode |
Loading post...

TERBARU - Soal PH Tema 6 Sub Tema 1 Kelas IV SD Kurikulum 2013

Soal Penilian Harian Tema 6 Sub Tema 1

Salah satu bagian terpenting dalam pembelajaran adalah soal penilaian, baik itu penilaian harian ataupun penilaian semester. Namun sering kali, soal-soal yang kita buat mungkin lebih mengarah pada soal yang LOTS (Lower Order Thinking Skill) atau berpikir tingkat rendah. Salah satu cirinya adalah sering kali soal-soal itu masih sampai level mengingat (hafalan).
 
Soal-soal yang saya bagikan merupakan soal-soal yang HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau berpikir tingkat tinggi. Salah satu cirinya adalah di dalam soal tersebut terdapat stimulus, sehingga siswa lebih diminta untuk menganalisis stimulus yang diberikan. Saya pernah membagikan tips menyusun soal HOTS untuk penilaian. Tak mudah memang menyusunnya, tapi soal-soal seperti ini akan sangat membantu siswa untuk dapat mengasah daya berpikirnya.
 
Di sini, saya akan membagikan referensi soal HOTS untuk penilaian yang bisa digunakan dalam penilaian di kelas Bapak/Ibu sekalian. Selamat berkarya.

 
No
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
1
PPKn
3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
2
B. Indonesia
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3
IPA
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
5
SBdP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.

 

Kerjakan soal-soal berikut dengan jelas dan benar!

Perhatikan gambar berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
 1. Pakaian adat tersebut merupakan pakaian adat dari daerah … .

2. Apa ciri khas pakaian adat dari daerah tersebut?
……………………………………………………………………………………………………
 
Perhatikan teks bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
Masyakarat Indonesia memiliki beragam makanan khas. Masing-masing daerah memiliki makanan khas mereka sendiri. Yogyakarta memiliki gudeg, Lamongan memiliki soto Lamongan, Pempek dari Palembang dan masih banyak lainnya.
3. Apa yang dapat kita lakukan terhadap keberagaman tersebut?
……………………………………………………………………………………………………

4. Apa manfaat keberagaman tersebut terhadap kehidupan masyarakat?
……………………………………………………………………………………………………

5. Perhatikan puisi berikut ini!
Terik matahari membakar raga
Hingga peluh bercucuran.
Penat bahuku berbeban berat
Tak kuhiraukan sedikit juga

Pernyataan yang tidak sesuai dengan bait puisi tersebut adalah …
a. Seseorang yang memiliki beban yang berat.
b. Perjuangan seseorang dalam meraih impiannya.
c. Mengisahkan seseorang yang menangis karena beban hidupnya.
d. Seseorang yang menyerah karena menghiraukan beban hidupnya.

6. Perhatikan bait puisi rumpang berikut ini!
Membawa ribuan penumpang
Melewati kampung dan perkotaan
Dengan yakin engkau berdiri tanpa bimbang
… .

Baris yang tepat untuk melengkapi bait puisi yang rumpang tersebut adalah … .
a. Meyakinkan orang-orang pergi ke rumah
b. Mengantarkan kami sampai pada tujuan
c. Menyusuri jalan-jalan kampung
d. Mengantarkan anak-anak menuju sekolah
 
Perhatikan puisi rumpang berikut ini untuk menjawab soal nomor 7 dan 8!
Dalam seragam engkau (1) …
Tampak anggun dan berwibawa
Senyuman manis selalu di muka
Membuat (2) … merasa suka.

Engkau polwan yang (3)…
Bekerja dengan sepenuh hati
(4) … tanpa pamrih
Itulah cita-cita yang (5) …
 
7. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik nomor (1) adalah … .

8. Lengkapilah puisi rumpang tersebut dengan kata-kata yang sesuai!
……………………………………………………………………………………………………

9. Perhatikan puisi berikut ini! 
Kuingin menjadi seorang guru
Yang mengajarkan manusia ilmu
Agar ilmu di dalam dada
Akhlak mulia dan bijaksana.

Kuingin menjadi seorang guru
Yang teladan untuk ditiru
Selalu sopan dan bijaksana
Menjadi contoh bagi manusia.
Tuliskan makna dari puisi tersebut!
……………………………………………………………………………………………………
10. Perhatikan hewan-hewan berikut ini!
No
Hewan
No
Hewan
1
Sapi
3
Capung
2
Kupu-kupu
4
Kucing
3
Capung
6
Ayam
Hewan-hewan yang mengalami metamorfosis adalah ... .
a. 1, 2, 3, 5
b. 2, 3, 4, 5
c. 2, 3, 4, 6
d. 3, 4, 5, 6

11. Urutan yang benar dalam tahapan metamorfosis sempurna adalah…
a. Telur-dewasa-pupa-dewasa 
b. Telur-larva-pupa-dewasa
c. Dewasa-larva-pupa-dewasa 
d. Telur-larva-dewasa-pupa
 
12. Perhatikan gambar acak berikut ini!
    Urutan metamorfosis hewan tersebut adalah ... .

13. Perhatikan pernyataan berikut ini.Tulislah “Ya” jika pernyataan tersebut benar, atau “Tidak” jika pernyataan tersebut salah!
1)    Belalang merupakan hewan yang mengalami metamorphosis sempurna [     …    ]
2)    Kecoa mengalami metamorfosis tidak sempurna dalam daur hidupnya [     …    ]
3)    Tahap pupa merupakan ciri dari metamorfosis pada serangga [     …    ]
4)    Katak, nyamuk dan capung adalah hewan-hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dalam daur hidupnya [     …    ]

14. Perhatikan daur hidup berikut ini!
Tuliskan proses daur hidup yang terjadi pada katak di setiap tahapan-tahapannya!
…………………………………………………………………………………………………… 
 
15. Perhatikan tabel berikut ini!
No
Sumber Daya Alam
Pemanfaatan
1
Pohon
Bahan baku kertas dan perabotan rumah tangga
2
Tanaman Kapas
Sebagai bahan baku pembuatan pakaian, benang dan pembuatan kursi sofa.
3
Kupu-kupu
Membantu penyerbukan pada tanaman.
4
Pohon
Penghasil oksigen, dan tempat berlindung hewan-hewan.
5
Cacing
Membantu menyuburkan tanah.
Manfaat sumber daya alam terhadap lingkungan di sekitarnya ditunjukkan oleh nomor … .
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 5
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 3, dan 5

16. Perhatikan gambar berikut ini!
 
Sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh pekerjaan yang terdapat pada gambar tersebut adalah … .

17. Jika ayahmu adalah seorang pengusaha peternakan, apa saja yang sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh ayahmu? Apa saja kegunaannya?
……………………………………………………………………………………………………

18. Perhatikan gambar berikut ini!
 
Apa saja sumber daya alam yang manfaatkan oleh orang yang memiliki profesi seperti pada gambar tersebut?
……………………………………………………………………………………………………

Perhatikan gambar berikut ini untuk menjawab soal nomor 16 dan 17!

19. Tarian tersebut berasal dari daerah … .

20. Apa ciri khas tari dari daerah tersebut?
……………………………………………………………………………………………………
 
 Perhatikan gambar berikut ini untuk menjawa soal nomor 20 dan 21!
 
 
21. Tarian tersebut berasal dari daerah … .

22. Apa ciri khas tari dari daerah tersebut?
……………………………………………………………………………………………………
 
23. Perhatikan gambar berikut ini!

Tarian tersebut merupakan tarian dari daerah Papua. Tuliskan ciri khas dari tarian Papua!
……………………………………………………………………………………………………


 

Formulir Kontak