Seiring berkembangnya zaman, pendidikan juga harus berkembang. Salah
satu indikator mutu pendidikan dapat dilihat dari pembelajaran dan
proses penilaian. Di tengah pandemi ini, tentunya pendidikan juga
sedikit terhambat karena tidak ada tatap muka. Namun, bukan berarti
penilaian tidak dapat dilaksanakan.
Agar penilaian dapat dilaksanakan, maka bentuk soal pun juga harus
berbeda. Jika sebelumnya (mungkin) kita terbiasa memakai soal yang
berbentuk hafalan, maka di masa ini, kita harus mengubahnya menjadi soal
yang membantu anak berpikir, bukan menghafal. Belajar menemukan solusi
dan menyelesaikan masalah, bukan hafalan materi-materi yang begitu
banyak.
Dan, kini di blog saya ini, saya bagikan kepada Anda semuanya yang
membutuhkan, terkhusus untuk para pendidik Sekolah Dasar. Harapannya,
apa yang saya bagikan dapat memotivasi Anda semua untuk ikut berusaha
memajukan pendidikan di sekolah, khususnya dalam menyusun soal penilaian
harian.
Ada dua bentuk soal yang saya berikan di sini, yang pertama berbentuk
softcopy file word document. Sedangkan yang satunya berbentuk link soal
penilaian harian online yang saya berikan untuk anak didik saya.
Pemetaan KD Per Muatan Pelajaran
No
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
---|---|---|
1
|
PPKn
| 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
B. Indonesia
| 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan |
3
|
IPA
| 3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan. |
4
|
IPS
| 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
5
|
SBdP
| 3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel. |
Kerjakan soal-soal berikut dengan jelas dan benar!
1. Perhatikan gambar berikut ini!
Hak yang didapatkan oleh masyarakat dari tanaman pada gambar tersebut adalah ...
a. Memperoleh udara segar dan menggunakan kertas.
b. Menghirup udara bebas dan melestarikannya.
c. Melakukan tebang pilih dan melakukan reboisasi.
d. Mencegah banjir dan mencegah tanah longsor.
2. Perhatikan daftar aktivitas terhadap lingkungan berikut ini!
1) Pak Martin menebang pohon di hutan tanpa izin.
2) Karel selalu membuang sampah di tempat sampah.
3) Anak-anak kelas IV diajak menanam bunga di taman.
4) Simon sering mengisi bak mandi sampai airnya tumpah.
5) Joni membiarkan depan rumahnya berantakan karena dedaunan.
Aktivitas-aktivitas yang belum bijak terhadap lingkungan ditunjukkan oleh nomor … .
a. 1, 3, 4
b. 1, 2, 3
c. 1, 4,
d. 3, 4, 5
3. Bacalah teks berikut ini!
Bulu ekor burung ini terlihat cantik sekali. Bila dikembangkan, akan terlihat sangat indah dan semarak. Burung apakah itu? Yap, itu adalah burung merak! Burung merak jantan memiliki ekor berbulu panjang yang indah. Bila dikembangkan, bulu ekornya berbentuk kipas bermotif seperti mata. Ekor indah ini gunanya untuk menarik perhatian merak betina. Keindahan bulu ekor merak membuat banyak orang ingin memilikinya. Bulu merak dijadikan perhiasan untuk topi, pakaian, kipas, dan juga topeng. Bulu burung merak juga menjadi bagian topeng Reog Ponorogo.
Hak masyarakat terhadap burung merak adalah ...
4. Amatilah gambar berikut ini!
Kewajiban apa yang dapat dilakukan agar lingkungan rumah tersebut dapat terjaga dengan baik?
.......................................................................
6. Amatilah gambar berikut ini!
Keterampilan yang perlu dimiliki saat melakukan wawancara adalah …
a. Mendengarkan informasi dari narasumber dengan seksama.
b. Memperkenalkan nama narasumber.
c. Mengajukan pertanyaan yang berbelit-belit.
d. Memotong ucapan narasumber.
7. Amatilah gambar berikut ini!
Pertanyaan yang tepat untuk kegiatan pada gambar tersebut adalah …
a. Bagaimana cara melakukan itu?
b. Apa yang sedang dilakukan anak-anak?
c. Di mana mereka duduk?
d. Apa mereka di taman?
8. Bacalah paragraf berikut ini!
Dalam upaya pelestarian hutan, peran para pemangku kebijakan juga diperlukan. Misalkan dengan memberikan hukum tegas bagi pelaku penebangan liar dan pemburuan liar untuk memberikan efek jera, dan juga mengadakan reboisasi atau penanaman pohon kembali.
Pertanyaan yang tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah … .
.........................................................................................
10. Amatilah foto tokoh berikut ini!
Tuliskan lima pertanyaan untuk mewawancarai tokoh dalam gambar tersebut!
...........................................................................
11. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Berdasarkan ilustrasi tersebut, masalah yang terjadi jika keseimbangan lingkungan tidak terjaga adalah …
a. Banyak hewan akan terjaga kelangsungan hidupnya.
b. Air laut akan menjadi kotor.
c. Banyak terjadi bencana alam dan tanah longsor.
d. Banyak hewan langka akan menjadi punah.
12. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Upaya pencegahan kerusakan lingkungan yang dapat dilakukan adalah …
a. Memelihara ikan di akuarium.
b. Mengurangi penggunaan plastik dan mengolah sampah plastik.
c. Memanfaatkan sampah organik untuk pupuk.
d. Menggunakan sampah untuk makanan ikan.
13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1) Tumbuhan memerlukan kupu-kupu untuk membantu penyerbukan.
2) Menghasilkan oksigen untuk kelangsungan hidup makhluk hidup.
3) Membantu mengurangi hama pada tanaman.
4) Tumbuhan dapat menyejukkan udara.
Pentingnya peran hewan dalam menjaga keseimbangan alam ditunjukkan oleh nomor … .
14. Perhatikan gambar berikut ini!
Apa manfaat peduli melestarikan sumber daya alam di lingkungan sekitar?
.........................................................................................
15. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Berdasarkan ilustrasi tersebut, mengapa penghijauan menjadi salah satu upaya penting dalam pelestarian lingkungan?
...................................................................................
16. Bacalah teks berikut ini!
Daerah perkotaan merupakan tempat yang memiliki kepadatan penduduk tinggi. Jarang sekali ditemukan lahan-lahan kosong. Semuanya penuh dengan bangunan, sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai lahan pertanian.
Pemanfaatan sumber daya alam perkotaan yang tepat berdasarkan deskripsi tersebut adalah … .
a. Tanah di perkotaan dapat dimanfaatkan untuk perkebunan.
b. Lahan di perkotaan dapat digunakan untuk lokasi perdagangan.
c. Tempat-tempah kosong di kota dapat digunakan untuk sarana transportasi.
d. Lahan perkotaan dapat digunakan untuk peternakan.
17. Bacalah teks bacaan berikut ini!
Kawasan pedesaan adalah wilayah yang mempunyai kegiatan utama pertanian, termasuk pengelolaan sumber daya alam dengan susunan fungsi Kawasan sebagai tempat permukiman pedesaan, pelayanan jasa, pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi. Wilayah pedesaan memiliki kepadatan penduduk yang rendah.
Berdasarkan teks tersebut, manfaat sumber daya alam pedesaan terhadap kelangsungan hidup masyarakatnya adalah …
a. Menghasilkan hasil pertanian padi untuk dimakan atau dijual.
b. Menghasilkan hasil tambang untuk diolah dan dijual.
c. Digunakan untuk tempat wisata alam.
d. Sebagai Kawasan industri barang-barang keperluan sehari-hari.
18. Perhatikan gambar berikut ini!
Pemanfaatan sumber daya alam hayati yang bisa dimanfaatkan dari hasil pertanian seperti pada gambar tersebut adalah …
a. Sebagai bahan untuk membuat pupuk.
b. Diolah untuk sebagai makanan ringan.
c. Sebagai bahan baku pembuatan pakaian.
d. Dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat donat.
19. Bacalah teks berikut ini!
Lahan kosong yang tidak terawat membuat lingkungan kita menjadi kurang sedap dipandang, apalagi jika lahan itu kotor. Pemanfaatan lahan kosong di pekarangan sekolah atau rumah merupakan cara penghijauan sebagai wujud perilaku peduli lingkungan. Menanam tanaman pada lahan yang sudah lama tak terawat akan menyegarkan kembali lahan/tanah itu.
Salah satu cara menghijaukan lahan adalah dengan menanam tumbuhan yang bermanfaat bagi kita, misalnya tanaman obat. Ibu pun mengetahui bahwa lahan kosong di rumahnya dapat ditanami tanaman obat.
Pemanfaatan lahan kosong di daerah sekitar rumah dapat dilakukan dengan cara … .
20. Perhatikan gambar berikut ini!
Tuliskan pemanfaatan sumber daya alam yang terdapat dalam gambar tersebut!
..........................................................................
21. Amatilah karya mozaik berikut ini!
Apresiasi yang tepat untuk karya mozaik tersebut adalah …
a. Karyanya bagus dan penuh makna. Hasil tempelannya juga rapi.
b. Karyanya tidak rapi. Sehingga membuat orang bosan melihatnya.
c. Karyanya tidak sesuai dengan apa yang saya pikirkan.
d. Saya tidak suka karyanya. Karena tidak sesuai dengan selera saya.
22. Perhatikan langkah-langkah berikut ini!
1) Guntinglah gambar tersebut yang dirasakan cocok.
2) Siapkan majalah, koran, gambar, buku gambar, gunting dan lem.
3) Tempelkan gambar pada buku gambar yang sudah disiapkan menggunakan lem.
4) Potonglah gambar-gambar dari majalah yang akan dijadikan montase.
5) Lihat hasil montase yang dibuat.
Urutan langkah-langkah membuat montase yang tepat adalah … .
...........................................................................