TERBARU - Soal PH Tema 3 Sub Tema 2 Kelas IV SD Kurikulum 2013

 

Seiring berkembangnya zaman, pendidikan juga harus berkembang. Salah satu indikator mutu pendidikan dapat dilihat dari pembelajaran dan proses penilaian. Di tengah pandemi ini, tentunya pendidikan juga sedikit terhambat karena tidak ada tatap muka. Namun, bukan berarti penilaian tidak dapat dilaksanakan.

Agar penilaian dapat dilaksanakan, maka bentuk soal pun juga harus berbeda. Jika sebelumnya (mungkin) kita terbiasa memakai soal yang berbentuk hafalan, maka di masa ini, kita harus mengubahnya menjadi soal yang membantu anak berpikir, bukan menghafal. Belajar menemukan solusi dan menyelesaikan masalah, bukan hafalan materi-materi yang begitu banyak.

Dan, kini di blog saya ini, saya bagikan kepada Anda semuanya yang membutuhkan, terkhusus untuk para pendidik Sekolah Dasar. Harapannya, apa yang saya bagikan dapat memotivasi Anda semua untuk ikut berusaha memajukan pendidikan di sekolah, khususnya dalam menyusun soal penilaian harian.

Ada dua bentuk soal yang saya berikan di sini, yang pertama berbentuk softcopy file word document. Sedangkan yang satunya berbentuk link soal penilaian harian online yang saya berikan untuk anak didik saya.
 

Pemetaan KD Per Muatan Pelajaran

No
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
1
PPKn
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2
B. Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
3
IPA
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan.
4
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
5
SBdP
3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel.

Kerjakan soal-soal berikut dengan jelas dan benar!

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Burung cenderawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah atau seringnya terbang di udara dan hinggap di dahan pohon. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cenderawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka. Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cenderawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.
 
1.    Hak masyarakat terhadap burung cenderawasih adalah ...
a. Menyebutnya sebagai burung surga.   
b. Menggunakan bulunya untuk pelengkap pakaian adat.
c. Memperdagangkan bulu cenderawasih.
d. Memburu dan memperdagangkan burung cenderawasih. 

2.    Kewajiban yang perlu kita lakukan terhadap kelangsungan hidup burung cenderawasih adalah ...
a. Menjadikan burung cenderawasih sebagai maskot Papua.
b. Menggunakan bulunya sebagai penghias topi wanita.
c. Menangkap dan memperdagangkannya.
d. Mengurangi penggunaan bulunya sebagai hiasan.

3. Perhatikan gambar berikut ini!
Dampak pelaksanaan kewajiban terhadap hewan seperti gambar tersebut adalah … .

4. Bacalah teks berikut ini! 
Terkait populasi badak Jawa, tahun 1967 di Ujung Kulon memang untuk pertama kalinya dilakukan sensus yang saat itu diperkirakan antara 21-28 individu. Turun naiknya populasi saat itu, selain adanya kelahiran, juga dipengaruhi perburuan. Setelah adanya pengawasan ketat, jumlahnya bertambah hingga mencapai 45 individu. Andai para pemburu tak tertangkap polisi kehutanan, bukan tidak mungkin badak Jawa hanya menyisakan cerita.
Sementara, peneliti Inggris, Blyth menuliskan tentang perdagangan cula badak Jawa yang diekspor ke Tiongkok sebanyak 2.500 cula setiap tahunnya. Jika setiap tahun ada 360 hari, setiap hari diperkirakan ada 7 individu badak dibunuh.

Kewajiban yang bisa kita lakukan untuk pelestarian hewan pada teks bacaan tersebut adalah … .

5. Perhatikan gambar berikut ini!
Apa saja dampak yang terjadi jika kita melupakan kewajiban kita menjaga lingkungan?
..............................................................................

6. Perhatikan gambar berikut ini!
Pertanyaan yang tepat untuk menggali informasi tentang hewan pada gambar tersebut adalah …
a. Apa yang membuat hewan tersebut tidur?
b. Di mana hewan habitat asli hewan tersebut?
c. Bagaimana makanan hewan tersebut?
d. Kapan dia tinggal di hutan?

7. Bacalah teks berikut ini! 
Meskipun telah dilindungi oleh hukum di Indonesia sejak 1931, perdagangan liar orang utan untuk dijadikan hewan peliharaan merupakan salah satu ancaman terbesar bagi satwa langka ini. Saat ini di beberapa lokasi di Sumatera Utara dilaporkan telah terjadi konflik antara orang utan dan manusia akibat adanya pembukaan hutan alam untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit di habitat atau wilayah jelajah orang utan. Akibat fatal biasanya menimpa orang utan.
Pertanyaan yang tepat untuk teks bacaan tersebut adalah …
a. Apa ancaman terbesar bagi orang utan?
b. Bagaimana pemerintah menangani perburuan orang utan?
c. Apa saja makanan orang utan?
d. Mengapa orang utan punah?

8. Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 
        1) Mengapa badak Jawa terancam punah?
        2) Di mana kita bisa menemukan Komodo?
        3) Bagaimana cara melestarikan keberadaan orang utan?
Ciri-ciri pertanyaan yang baik berdasarkan contoh-contoh pertanyaan tersebut adalah …
a. Terdapat kata tanya dan objek yang ditanyakan.
b. Terdapat kata tanya yang dapat menanyakan apa saja.
c. Terdapat kata tanya, objek yang ditanyakan dan diakhiri dengan titik. 
d. Terdapat kata tanya, objek yang ditanyakan dan diakhiri tanda tanya.

9. Bacalah teks paragraf berikut ini! 
Kupu-kupu merupakan serangga. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. Kupu-kupu merupakan salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia. Daur hidup kupu-kupu bermula dari telur yang melekat di daun, kemudian matang dan menetas setelah 5 sampai dengan 10 hari dan menjadi larva (ulat).
Pertanyaan yang tepat untuk paragraf tersebut adalah … .

10. Perhatikan gambar berikut ini!
Buatlah lima pertanyaan untuk persiapan wawancara tentang kegiatan tersebut!
.................................................................

11. Perhatikan tabel berikut ini!
Pasangan yang tepat antara bagian dan fungsi tubuh hewan yang tepat ditunjukkan oleh nomor … .

12. Perhatikan gambar berikut ini!
Bentuk paruh burung pada gambar tersebut merupakan contoh paruh burung pemakan daging. Hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh burung pemakan daging dan makanannya adalah …

13. Perhatikan gambar berikut ini!
Kaki hewan pada gambar tersebut merupakan jenis kaki hewan yang hidupnya di air. Mengapa demikian?
...................................................................................

14. Perhatikan gambar berikut ini!
Apa pengaruh kerusakan bagian tubuh hewan tersebut terhadap kelangsungan hidupnya?
................................................................................

15. Bacalah teks bacaan berikut ini! 
Kawasan pedesaan adalah wilayah yang mempunyai kegiatan utama pertanian, termasuk pengelolaan sumber daya alam dengan susunan fungsi Kawasan sebagai tempat permukiman pedesaan, pelayanan jasa, pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi. Wilayah pedesaan memiliki kepadatan penduduk yang rendah.
Berdasarkan teks tersebut, manfaat sumber daya alam pedesaan terhadap kelangsungan hidup masyarakatnya adalah …
a. Menghasilkan hasil pertanian padi untuk dimakan atau dijual.
b. Menghasilkan hasil tambang untuk diolah dan dijual.
c. Digunakan untuk tempat wisata alam.
d. Sebagai Kawasan industri barang-barang keperluan sehari-hari.

16. Perhatikan daftar karakteristik lingkungan berikut ini! 
        1) Berbatasan langsung dengan laut.
        2) Memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.
        3) Biasanya digunakan sebagai objek wisata.
        4) Digunakan sebagai lahan pertanian dan perkebunan.
Karakteristik lingkungan pantai ditunjukkan oleh nomor … . 

17.  Perhatikan gambar berikut ini!
Apa saja pelestarian sumber daya alam yang dapat dilakukan di lingkungan seperti pada gambar tersebut?
.....................................................................

18. Berikut ini yang termasuk contoh mozaik adalah ... .
a. 
b. 
c. 
d. 

19. Perhatikan gambar-gambar mozaik berikut ini!
Teknik yang tepat untuk membuat karya seni seperti contoh tersebut adalah … 
a. Meletakkan biji-bijian sesuai dengan pola.
b. Mewarnai pola dengan biji-bijian.
c. Membuat pola, memberi lem dan menempel biji-bijian sesuai pola.
d. Membuat pola dan menempelkan benda-benda di sekitar menggunakan lem.

20. Perhatikan benda-benda berikut ini! 
        1)  Batu
        2)  Manik-manik
        3)  Biji-bijian
        4)  Kertas koran
        5)  Kertas lipat
        6)  Potongan CD
Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai mozaik ditunjukkan oleh nomor … .

21. Perhatikan gambar berikut ini!
Tuliskan apresiasimu terhadap karya tersebut!
...........................................................................