TERBARU - Soal PH Tema 3 Sub Tema 1 Kelas IV SD Kurikulum 2013

 
Seiring berkembangnya zaman, pendidikan juga harus berkembang. Salah satu indikator mutu pendidikan dapat dilihat dari pembelajaran dan proses penilaian. Di tengah pandemi ini, tentunya pendidikan juga sedikit terhambat karena tidak ada tatap muka. Namun, bukan berarti penilaian tidak dapat dilaksanakan.

Agar penilaian dapat dilaksanakan, maka bentuk soal pun juga harus berbeda. Jika sebelumnya (mungkin) kita terbiasa memakai soal yang berbentuk hafalan, maka di masa ini, kita harus mengubahnya menjadi soal yang membantu anak berpikir, bukan menghafal. Belajar menemukan solusi dan menyelesaikan masalah, bukan hafalan materi-materi yang begitu banyak.

Dan, kini di blog saya ini, saya bagikan kepada Anda semuanya yang membutuhkan, terkhusus untuk para pendidik Sekolah Dasar. Harapannya, apa yang saya bagikan dapat memotivasi Anda semua untuk ikut berusaha memajukan pendidikan di sekolah, khususnya dalam menyusun soal penilaian harian.

Ada dua bentuk soal yang saya berikan di sini, yang pertama berbentuk softcopy file word document. Sedangkan yang satunya berbentuk link soal penilaian harian online yang saya berikan untuk anak didik saya.
 

Pemetaan KD Per Muatan Pelajaran

No
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
1
PPKn
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2
B. Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
3
IPA
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan.
4
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
5
SBdP
3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel.

 

 1.    Perhatikan gambar berikut ini!

Dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh perilaku yang ditunjukkan gambar tersebut adalah ... .
a. kebakaran hutan
b. hewan kehilangan tempat tinggal
c. manusia mendapatkan keuntungan
d. hewan banyak mendapatkan makanan
 

2.    Perhatikan gambar berikut ini! 

Melaksanakan hak dan kewajiban dalam memanfaatkan tanaman tersebut perlu seimbang, karena …
a. Kita dapat menikmati nasi jika kita melestarikan padi.
b. Jika kita menggunakannya, maka padi akan habis.
c. Kita dapat menggunakannya semau kita.
d. Nasi yang kita makan perlu dilestarikan.
 

3.    Perhatikan gambar-gambar berikut ini!

Kegiatan yang menunjukkan kewajiban kita terhadap lingkungan hidup ditunjukkan oleh nomor … .
 
Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Indonesia merupakan wilayah tropis yang banyak ditumbuhi oleh hutan. Dan hutan di Indonesia menjadi sangat penting bagi kehidupan dunia, karena merupakan paru-paru dunia. Karena hutan di Indonesia sebagai penghasil oksigen terbesar bagi negara-negara berkembang dan negara maju lainnya.
Hutan yang ditumbuhi banyak pepohonan yang hijau memberikan suasana sejuk dan banyak keindahan bagi manusia yang bisa mengelola hutan secara bijak.

Namun perkembangan yang terjadi justru sebaliknya, kawasan hutan mulai banyak ditebang dan dilakukan perambahan hutan, sehingga fungsi hutan berubah menjadi kawasan perkebunan atau pertanian. Dahulu banyak tanaman keras yang ditanam dengan kayu yang berusia ratusan tahun dan membuat teduh dan udara menjadi bersih karena penyaringan CO2 oleh tanaman hutan, namun sejak rusaknya hutan yang berubah fungsi menjadi lahan pertanian, perkebunan, dan juga pembangunan kawasan perumahan, sehingga kemampuan menyerap air menjadi berkurang sehingga di beberapa tempat sering terjadi bencana banjir maupun tanah longsor.

4.    Apa saja hak masyarakat terhadap lingkungan hutan?
…………………………………………………………………………………………………………….

5.    Apa akibat yang ditimbulkan jika masyarakat melalaikan kewajibannya terhadap hutan?
…………………………………………………………………………………………………………….

6.    Padi adalah tanaman yang sangat penting bagi Indonesia. Padi menghasilkan beras. Banyak penduduk yang mengonsumsinya. Padi dapat tumbuh di daerah panas dengan curah hujan  tinggi. Daerah utama penghasil padi adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.
Pertanyaan yang tepat berdasarkan paragraf tersebut di atas adalah ... .

a. Mengapa padi dapat tumbuh subur?  
b. Di mana padi dapat tumbuh? 
c. Kapan padi dapat dikonsumsi?    
d. Bagaimana padi dapat dihasilkan?
 

7.    Perhatikan daftar pertanyaan berikut ini!

1)    Mengapa manfaat pohon di hutan?
2)    Bagaimana cara menanam pohon?
3)    Apa fungsi hutan bagi lingkungan?
4)    Di mana cara menanam pohon?
5)    Apa cara merawat tanaman?
Pertanyaan yang tepat ditunjukkan oleh nomor … .
a. 1 dan 2    
b. 2 dan 3    
c. 3 dan 4    
d. 3 dan 5
 
8.    Perhatikan gambar berikut ini!
Pertanyaan yang tepat untuk gambar tersebut adalah ...

9.    Perhatikan pertanyaan rumpang berikut ini!
... cara melestarikan hewan yang terancam punah?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ... .
 
10.    Perhatikan gambar berikut ini!
 

Buatlah tiga pertanyaan berdasarkan gambar tersebut!
..............................................................................................................

11.    Perhatikan gambar berikut ini!
 

Hubungan bentuk akar tanaman tersebut terhadap lingkungannya adalah …
a. Akar-akarnya membuat tanaman tersebut dapat berdiri tegak meskipun berada di pesisir pantai.
b. Tanaman tersebut mampu menyerap air laut sebanyak-banyaknya.
c. Akar-akar tanaman tersebut dipakai untuk berfotosintesis.
d. Tanaman tersebut menggunakan akarnya untuk berkembang biak.

12.    Perhatikan gambar berikut ini!
 

Tanaman kaktus memiliki banyak duri pada tubuhnya, yang berfungsi untuk …
a. Melindungi diri dari hewan buas.
b. Proses berkembang biak.
c. Mengurangi penguapan air dari tubuhnya.
d. Menyerap uap air yang ada di udara.

13.    Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1)    Menjaga agar bibit dapat ditanam kembali
(2)    Menjaga lahan pertanian
(3)    Meningkatkan penggunaan pestisida
(4)    Menggunakan secara berlebihan
(5)    Saluran air dijaga agar tetap mengalir
Cara mempertahankan ketersediaan padi yang benar ditunjukkan oleh nomor ... .

14.    Perhatikan gambar berikut ini!
 

Bentuk daun teratai seperti gambar tersebut berfungsi untuk … .

15.    Perhatikan ilustrasi berikut ini!
 

Berdasarkan ilustrasi tersebut, apa saja fungsi bagian-bagian tumbuhan dalam proses pembuatan makanan pada tumbuhan?
……………………………………………………………………………

 

16.    Perhatikan gambar berikut ini!


Daerah seperti gambar tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai … .
a.  Pertanian sayur, perkebunan teh, dan tambang minyak.
b. Perkebunan teh, pertambangan emas, dan tempat wisata.
c. Pertanian tebu, perkebunan kelapa sawit, dan peternakan.
d. Tempat wisata, perkebunan teh, dan pertanian sayur.

17.    Perhatikan gambar berikut ini!
Daerah pantai sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai objek wisata, karena …
a. Tempatnya sangat luas.
b. Memiliki pemandangan yang bagus.
c. Suasana di pantai sangat sejuk.
d. Banyak ikan yang dapat ditangkap.

18.    Perhatikan aktivitas-aktivitas berikut ini!
1)    Bu Juliana memakai kalung yang terbuat dari mutiara.
2)    Pembuat mebel memaki kayu jati untuk membuat meja dan kursi.
3)    Cincin dan kalung emas banyak dijual di toko-toko perhiasan.
4)    Cyntia menggunakan kapas untuk membersihkan wajahnya.
5)    Seorang pedagang bakso sedang berjualan di depan rumah Santi.
Aktivitas-aktivitas yang memanfaatkan sumber daya alam hayati ditunjukkan oleh nomor … .


19.    Perhatikan gambar berikut ini!

Selain sebagai lahan pertanian, apa saja pemanfaatan daerah seperti pada gambar tersebut?
…………………………………………………………………………...


20.    Perhatikan gambar berikut ini!
 

Tuliskan ciri-ciri daerah seperti yang terdapat pada gambar tersebut!
…………………………………………………………………………...


21.    Dalam seni, terdapat berbagai macam teknik gambar, salah satunya adalah kolase. Yang dimaksud dengan kolase adalah ...
a. karya seni menempel pernak pernik   
b. seni melukis pada kanvas
c. karya seni menempel pada permukaan gambar
d. seni melukis menggunakan bahan alami

 
22.    Berikut ini yang termasuk contoh kolase adalah ... .
 

 
23.    Perhatikan benda-benda berikut ini!
1)  Batu   
2)  Manik-manik       
3)  Biji-bijian
4)  Kertas koran
5)  Kertas lipat
6)  Daun     
Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai kolase ditunjukkan oleh nomor … .

24.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1)  Karyanya bagus dan penuh makna. Hasil tempelannya juga rapi.
2)  Karyanya tidak rapi. Sehingga membuat orang bosan melihatnya.
3)  Karyanya penuh warna. Sebagai saran, mungkin lain kali bisa lebih rapi.
4)  Saya tidak suka karyanya. Karena tidak sesuai dengan selera saya.
Kalimat yang tepat untuk apresiasi karya teman ditunjukkan oleh nomor … .

25.    Perhatikan karya kolase berikut ini
Tuliskan apresiasimu terhadap karya tersebut!
………………………………………………………………...