Pemetaan KD Per Muatan Pelajaran
No
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
---|---|---|
1
|
PPKn
| 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
B. Indonesia
| 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan |
3
|
IPA
| 3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan. |
4
|
IPS
| 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
5
|
SBdP
| 3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel. |
1. Perhatikan gambar berikut ini!
a. kebakaran hutan
b. hewan kehilangan tempat tinggal
c. manusia mendapatkan keuntungan
d. hewan banyak mendapatkan makanan
2. Perhatikan gambar berikut ini!
a. Kita dapat menikmati nasi jika kita melestarikan padi.
b. Jika kita menggunakannya, maka padi akan habis.
c. Kita dapat menggunakannya semau kita.
d. Nasi yang kita makan perlu dilestarikan.
3. Perhatikan gambar-gambar berikut ini!
Namun perkembangan yang terjadi justru sebaliknya, kawasan hutan mulai banyak ditebang dan dilakukan perambahan hutan, sehingga fungsi hutan berubah menjadi kawasan perkebunan atau pertanian. Dahulu banyak tanaman keras yang ditanam dengan kayu yang berusia ratusan tahun dan membuat teduh dan udara menjadi bersih karena penyaringan CO2 oleh tanaman hutan, namun sejak rusaknya hutan yang berubah fungsi menjadi lahan pertanian, perkebunan, dan juga pembangunan kawasan perumahan, sehingga kemampuan menyerap air menjadi berkurang sehingga di beberapa tempat sering terjadi bencana banjir maupun tanah longsor.
4. Apa saja hak masyarakat terhadap lingkungan hutan?
…………………………………………………………………………………………………………….
5. Apa akibat yang ditimbulkan jika masyarakat melalaikan kewajibannya terhadap hutan?
…………………………………………………………………………………………………………….
6. Padi adalah tanaman yang sangat penting bagi Indonesia. Padi menghasilkan beras. Banyak penduduk yang mengonsumsinya. Padi dapat tumbuh di daerah panas dengan curah hujan tinggi. Daerah utama penghasil padi adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.
Pertanyaan yang tepat berdasarkan paragraf tersebut di atas adalah ... .
7. Perhatikan daftar pertanyaan berikut ini!
9. Perhatikan pertanyaan rumpang berikut ini!
... cara melestarikan hewan yang terancam punah?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ... .
10. Perhatikan gambar berikut ini!
..............................................................................................................
11. Perhatikan gambar berikut ini!
a. Akar-akarnya membuat tanaman tersebut dapat berdiri tegak meskipun berada di pesisir pantai.
b. Tanaman tersebut mampu menyerap air laut sebanyak-banyaknya.
c. Akar-akar tanaman tersebut dipakai untuk berfotosintesis.
d. Tanaman tersebut menggunakan akarnya untuk berkembang biak.
12. Perhatikan gambar berikut ini!
Tanaman kaktus memiliki banyak duri pada tubuhnya, yang berfungsi untuk …
a. Melindungi diri dari hewan buas.
b. Proses berkembang biak.
c. Mengurangi penguapan air dari tubuhnya.
d. Menyerap uap air yang ada di udara.
13. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Menjaga agar bibit dapat ditanam kembali
(2) Menjaga lahan pertanian
(3) Meningkatkan penggunaan pestisida
(4) Menggunakan secara berlebihan
(5) Saluran air dijaga agar tetap mengalir
Cara mempertahankan ketersediaan padi yang benar ditunjukkan oleh nomor ... .
14. Perhatikan gambar berikut ini!
Bentuk daun teratai seperti gambar tersebut berfungsi untuk … .
15. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Berdasarkan ilustrasi tersebut, apa saja fungsi bagian-bagian tumbuhan dalam proses pembuatan makanan pada tumbuhan?
……………………………………………………………………………
16. Perhatikan gambar berikut ini!
Daerah seperti gambar tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai … .
a. Pertanian sayur, perkebunan teh, dan tambang minyak.
b. Perkebunan teh, pertambangan emas, dan tempat wisata.
c. Pertanian tebu, perkebunan kelapa sawit, dan peternakan.
d. Tempat wisata, perkebunan teh, dan pertanian sayur.
17. Perhatikan gambar berikut ini!
Daerah pantai sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai objek wisata, karena …
a. Tempatnya sangat luas.
b. Memiliki pemandangan yang bagus.
c. Suasana di pantai sangat sejuk.
d. Banyak ikan yang dapat ditangkap.
18. Perhatikan aktivitas-aktivitas berikut ini!
1) Bu Juliana memakai kalung yang terbuat dari mutiara.
2) Pembuat mebel memaki kayu jati untuk membuat meja dan kursi.
3) Cincin dan kalung emas banyak dijual di toko-toko perhiasan.
4) Cyntia menggunakan kapas untuk membersihkan wajahnya.
5) Seorang pedagang bakso sedang berjualan di depan rumah Santi.
Aktivitas-aktivitas yang memanfaatkan sumber daya alam hayati ditunjukkan oleh nomor … .
19. Perhatikan gambar berikut ini!
Selain sebagai lahan pertanian, apa saja pemanfaatan daerah seperti pada gambar tersebut?…………………………………………………………………………...
20. Perhatikan gambar berikut ini!
Tuliskan ciri-ciri daerah seperti yang terdapat pada gambar tersebut!
…………………………………………………………………………...
21. Dalam seni, terdapat berbagai macam teknik gambar, salah satunya adalah kolase. Yang dimaksud dengan kolase adalah ...
a. karya seni menempel pernak pernik
b. seni melukis pada kanvas
c. karya seni menempel pada permukaan gambar
d. seni melukis menggunakan bahan alami
2) Manik-manik
3) Biji-bijian
24. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
2) Karyanya tidak rapi. Sehingga membuat orang bosan melihatnya.
3) Karyanya penuh warna. Sebagai saran, mungkin lain kali bisa lebih rapi.
4) Saya tidak suka karyanya. Karena tidak sesuai dengan selera saya.
25. Perhatikan karya kolase berikut ini