[TERBARU] Soal Penilaian Harian HOTS Tema 4 Sub Tema 1 Kelas IV Kurikulum 2013


Seiring berkembangnya zaman, pendidikan juga harus berkembang. Salah satu indikator mutu pendidikan dapat dilihat dari pembelajaran dan proses penilaian. 

Penting bagi guru untuk menyiapkan instrumen penilaian yang bermutu dan sesuai dengan perkembangan berpikir anak. Soal-soal untuk penilaian hendaknya disusun untuk benar-benar mengukur pemahaman dan proses berpikir anak, bukan lagi berkutik dengan hafalan materi.

Memang pada praktiknya cukup sulit membuat soal yang bermutu dan berbasis HOTS (High Order Thinking Skill). Tapi setiap tahunnya, saya selalu memperbaiki kualitas soal penilaian harian saya. Di tahun ini, saya benar-benar mencoba menyusun soal HOTS. 

Dan, kini di blog saya ini, saya bagikan kepada Anda semuanya yang membutuhkan, terkhusus untuk para pendidik Sekolah Dasar. Harapannya, apa yang saya bagikan dapat memotivasi Anda semua untuk ikut berusaha memajukan pendidikan di sekolah, khususnya dalam menyusun soal penilaian harian.

No
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
1
PPKn
3.1. Memaknai makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila.
2
B. Indonesia
3.5. Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
3
IPA
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam dan lingkungannya.
4
IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
5
SBdP
3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi.
100%