Penting bagi guru untuk menyiapkan instrumen penilaian yang bermutu dan sesuai dengan perkembangan berpikir anak. Soal-soal untuk penilaian hendaknya disusun untuk benar-benar mengukur pemahaman dan proses berpikir anak, bukan lagi berkutik dengan hafalan materi.
Memang pada praktiknya cukup sulit membuat soal yang bermutu dan berbasis HOTS (High Order Thinking Skill). Tapi setiap tahunnya, saya selalu memperbaiki kualitas soal penilaian harian saya. Di tahun ini, saya benar-benar mencoba menyusun soal HOTS.
Dan, kini di blog saya ini, saya bagikan kepada Anda semuanya yang membutuhkan, terkhusus untuk para pendidik Sekolah Dasar. Harapannya, apa yang saya bagikan dapat memotivasi Anda semua untuk ikut berusaha memajukan pendidikan di sekolah, khususnya dalam menyusun soal penilaian harian.
No
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
---|---|---|
1
|
PPKn
|
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
B. Indonesia
| 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda. |
3
|
IPA
| 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. |
4
|
IPS
| 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
5
|
SBdP
| 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada. |