[TERBARU] Soal Penilaian Harian HOTS Tema 1 Sub Tema 3 Kelas IV Kurikulum 2013


Seiring berkembangnya zaman, pendidikan juga harus berkembang. Salah satu indikator mutu pendidikan dapat dilihat dari pembelajaran dan proses penilaian. 

Penting bagi guru untuk menyiapkan instrumen penilaian yang bermutu dan sesuai dengan perkembangan berpikir anak. Soal-soal untuk penilaian hendaknya disusun untuk benar-benar mengukur pemahaman dan proses berpikir anak, bukan lagi berkutik dengan hafalan materi.

Memang pada praktiknya cukup sulit membuat soal yang bermutu dan berbasis HOTS (High Order Thinking Skill). Tapi setiap tahunnya, saya selalu memperbaiki kualitas soal penilaian harian saya. Di tahun ini, saya benar-benar mencoba menyusun soal HOTS. 

Dan, kini di blog saya ini, saya bagikan kepada Anda semuanya yang membutuhkan, terkhusus untuk para pendidik Sekolah Dasar. Harapannya, apa yang saya bagikan dapat memotivasi Anda semua untuk ikut berusaha memajukan pendidikan di sekolah, khususnya dalam menyusun soal penilaian harian.

No
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
1
PPKn
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.  
2
B. Indonesia
3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3
IPA
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4
IPS
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia sertahubungannya dengan karakteristik ruang.  
5
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.