Dalam kurikulum 2013, kita tahu bahwa banyak perubahan baik
dalam isi, proses maupun penilaian. Salah satu yang membuat pusing para guru
adalah penilaian. Jika di kurikulum sebelumnya lebih menekankan pada penilaian
pengetahuan, berbeda dengan kurikulum 2013. Ada tiga aspek yang dinilai, yaitu
sikap spiritual-sosial (KI 1), pengetahuan (KI 3) dan keterampilan (KI 4).
Dalam dunia pendidikan, sebenarnya ini bukan hal baru. Hanya saja, sering kali
yang membuat bingung adalah cara menilainya.
Penilaian sikap dapat dilakukan dengan jurnal observasi,
penilaian pengetahuan dapat dilakukan dengan Penilaian Harian (PH). Nah, yang
penilaian keterampilan inilah yang sering membuat kita bingung dengan cara
menilai dan formatnya.
loading...
Meskipun dalam Permendikbud Tahun 2016 No. 23 tentang
Standar Penilaian telah dijelaskan bahwa penilaian keterampilan dapat dilakukan
dengan praktik, portofolio, dan proyek, tetapi masih saja kita bingung dengan
penerapannya. Sama seperti yang pernah saya alami. Saya juga merasakan hal itu.
Setelah saya melihat dari berbagai sumber, saya menemukan beberapa format penilaian yang saya gunakan untuk menilai aspek keterampilan di kelas saya.
Saya memahami kesulitan dari teman-teman guru sekalian, maka
dari itu saya memiliki keinginan untuk membantu dengan membagikannya di blog
saya ini. Tentunya, harapan utamanya adalah agar pendidikan di Indonesia
semakin lebih baik, dan juga saya ingin membantu teman-teman yang telah
berjuang demi mencerdaskan anak bangsa.
Baca Juga
- Download Materi dan Media Powerpoint
- Soal Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas IV Semester Ganjil
- RPP Kurikulum 2013 Semester Genap Kelas IV
Di sini saya bagikan soal-soal penilaian praktik di beberapa
muatan pelajaran. Saya bagi menjadi beberapa kegiatan per KD. Teman-teman dapat mengunduhnya di link yang saya berikan.
Semoga dapat membantu.