Penilaian
KI 4 (Keterampilan) pada kurikulum 2013
sering kali membuat kita, para guru, pusing. Bagaimana tidak? Sering kali kita
menganggap bahwa keterampilan itu berkaitan dengan membuat sesuatu (kurikulum
sebelumnya disebut Seni Budaya dan Keterampilan). Namun, berbeda dengan
keterampilan di kurikulum 2013. Keterampilan dapat berupa tindakan implementasi
dari pengetahuan yang telah didapatkan siswa. Dengan kata lain, penilaian
keterampilan dapat dilakukan di semua muatan pelajaran.
Berikut ini akan saya berikan format dan
soal penilaian keterampilan muatan pelajaran IPA. Semoga Anda terbantu dalam proses mencerdaskan anak-anak bangsa. Silakan dipilih sesuai KD yang Anda kehendaki.
Link
|
KD
|
Kompetensi Dasar
|
---|---|---|
4.1
|
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
|
|
4.2
|
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya. | |
4.3
|
Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
|
|
4.4
|
Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak. | |
4.5
|
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi. | |
4.6
|
Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat sifat bunyi. | |
4.7
|
Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya. | |
4.8
|
Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya. |