SOAL PH TEMA 1 SUB TEMA 1 KELAS IV KURIKULUM 2013

Berikut ini bagikan soal PH Tema 1 Sub Tema 1 “Keberagaman Budaya Bangsaku” yang telah saya susun dan saya berikan, beserta pembagian Kompetensi Dasar tiap mata pelajarannya.

KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.4Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan.

Bahasa Indonesia
3.1Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

IPA
3.6Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.

IPS
3.2Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

SBdP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.


Kerjakan soal-soal berikut dengan jelas dan benar!
1. Ibu Marta sedang membersihkan ruang keluarga. Sikap Marta sebaiknya ... .
a. membantu ibu dengan senang hati
b. bermain bersama teman
c. meminta adik untuk membantu ibu
d. belajar di kamar

2. Salah satu contoh kerja sama di sekolah adalah ... .
a. menyontek saat ujian berlangsung
b. melaksanakan piket harian bersama-sama
c. membaca dengan tenang di perpustakaan
d. membuang sampah pada tempatnya

3. Kelompok Lukas diberi tugas membuat patung. Berkat kerja sama, kelompok Lukas dapat menyelesaikan tugasnya dengan waktu yang lebih ... .
4. Saat bekerja sama, kita mengutamakan kepentingan ... .
5. Sekolah kita terdiri dari berbagai anak yang memiliki perbedaan agama, suku, bahasa dan kebudayaan. Tuliskan 5 sikap yang harus dipupuk untuk dapat mempererat persatuan dan kesatuan yang ada di sekolah ini!
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Bacalah penggalan teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Tari Piring merupakan salah satu tarian tradisional Indonesia. Tarian ini berasal dari Sumatera Barat. Tarian ini biasanya dilakukan oleh perempuan dan laki-laki. Pada awalnya, tarian ini dilakukan untuk membawakan sesembahan kepada dewa sebagai rasa syukur. Untuk menarikan tarian ini, penari harus menyiapkan piring. Ada tiga variasi gerakan dalam tarian ini, yaitu tupai bagaluik, bagalombang, dan aka malilik.

6. Gagasan pokok dalam teks tersebut di atas adalah ... .
a. Ada tiga variasi gerakan dalam tari piring.
b. Tari Piring biasanya dilakukan oleh perempuan dan laki-laki.
c. Tari Piring merupakan salah satu tarian tradisional Indonesia.
d. Tari Piring dilakukan untuk membawakan sesembahan kepada dewa sebagai rasa syukur.

7. Jumlah gagasan pendukung dalam teks tersebut adalah ... .
a. 6.    b. 5.     c. 4.     d. 3
Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai jenis makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate Padang dan Dendeng balado.
8. Gagasan pokok dari paragraf tersebut adalah ... .
9. Salah satu gagasan pendukung dari paragraf tersebut adalah ...
Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di atas dan kadang berada di bawah. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh dan hormat.
10. Tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf tersebut!
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
11. Mikael dapat mendengar bel sekolah berbunyi. Hal itu menunjukkan bahwa bunyi ... .
a. merambat melalui benda padat
b. merambat melalui udara
c. bunyi tidak dapat merambat dalam benda cair
d. merambat melalui kaleng lalu ke udara

12. Peristiwa berikut ini yang membuktikan bunyi dapat merambat melalui benda padat adalah ... .
a. seseorang dapat mendengarkan radio
b. seseorang sendang berbicara dengan orang lain
c. kapal yang sedang mencari benda hilang di laut
d. dokter sedang mendengarkan detak jantung pasien menggunakan stetoskop

13. Sumber bunyi kita saat sedang berbicara adalah ... .
14. Gitar dan biola merupakan contoh alat musik yang sumber bunyinya berupa ... .
15. Melalui media perantara apa saja bunyi dapat merambat?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
16. Salah satu contoh sikap menghargai keragaman suku bangsa di Indonesia adalah ... .
a. hanya mau membantu saudara
b. hanya menghargai pendapat pribadi
c. sangat bangga terhadap kebudayaan daerahnya
d. menghormati suku lain yang sedang upacara adat

17. Imlek adalah hari raya bagi masyarakat Indonesia yang menganut agama ... .
a. Islam
b. Hindu
c. Buddha
d. Khonghucu

18. Pura dan Wihara adalah tempat ibadah bagi penganut agama     ....        dan    .... .
19. Tari Kecak merupakan budaya yang berasal dari  ... .
20. Bagaimana sikap yang baik bagi seorang pelajar dalam menghargai keragaman suku dan budaya?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
21. Tari Kipas Pakarena berasal dari ... .
a. Sulawesi Selatan
b. Sumatra Utara
c. Bali
d. Kalimantan

22. Makna gerakan berputar searah jarum jam dalam tari Kipas Pakarena melambangkan ... .
a. cara menyembah Tuhan
b. kesetiaan dan kesopanan
c. siklus kehidupan manusia
d. ungkapan syukur

23. Gerakan naik turun dalam kipas Pakarena mencerminkan .... .
24. Secara keseluruhan gerakan tari Pakarena mengungkapkan rasa ... .
25. Sikap apa saja yang tercermin dalam cara menari yang lembut dari tari Pakarena?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Download

[TERBARU] Soal HOTS Penilaian Harian Tema 1 Sub Tema 1 Kelas IV 2019